Artikel

Apa Itu Maskne? Masker, Sumber Jerawat???

30 Desember 2020

Hallo beauty people.. Selamat datang di channel youtube dokterkulit firda Di segmen “know you know” kita akan kupas tuntas tentang “Apa sih Maskne itu?"

Semenjak pandemi COVID-19, masker merupakan hal yang wajib dipakai saat hendak beraktivitas di luar rumah. Namun, bagi sebagian orang, sering menggunakan masker justru menimbulkan masalah pada kulit wajah berupa jerawat, yang dikenal dengan sebutan maskne.

Apa Itu Maskne? Masker, Sumber Jerawat???

Maskne

Maskne atau mask acne merupakan jerawat yang terbentuk di area yang tertutup oleh masker, seperti dagu, hidung, atau pipi bagian bawah.  Sama seperti jerawat pada umumnya, maskne dapat mengganggu penampilan dan bisa meninggalkan bekas jerawat yang menjengkelkan. Maskne termasuk jenis akne mekanika yaitu akne yang dipicu karena Faktor trauma fisik seperti gesekan, tekanan, garukan, regangan, dancubitan  di USA sering didapatkan pada pemain  football akibat gesekan dengan helm kepala saat main.

Apa Itu Maskne? Masker, Sumber Jerawat???

Penyebab 

1. Penggunaan masker dalam jangka waktu yang lama akan membuat kulit wajah terus bergesekan dengan masker. Hal ini dapat memicu iritasi dan peradangan pada kulit.

2. Kelembaban -> saat  berbicara dan menghela napas saat mengenakan masker dapat menjebak hawa panas yang membuat kulit wajah menjadi berkeringat serta lembap ->  Kondisi ini bisa menjadi sarana yang baik bagi kuman dan bakteri untuk berkembang biak.

3. Karena masker itu sendiri -> bahan dan penggunaan masker yang tidak tepat juga bisa menimbulkan maskne.

Misal : 

bahan non katun seperti polyester, nilon,rayon -> mengiritasi kulit Masker bedah yang digunakan berulang kali Masker kain yang dicuci asal-asalan bisa menjadi tempat pertumbuhan bakteri dan kuman. Kombinasi antara iritasi, peradangan, dan berbagai kuman pada kulit merupakan ramuan yang sangat pas untuk memunculkan penyakit kulit -> salah satunya maskne Munculnya maskne bisa menimbulkan rasa tidak nyaman dan menurunkan rasa percaya diri.

Pencegahan Maskne.

1 . Gunakan masker dengan bijak

Apa Itu Maskne? Masker, Sumber Jerawat???

Masker kain : Pastikan bahan masker dari katun 100% -> memberikan kesempatan kulit untuk bernapas Jangan pakai produk sintetis seperti nylon, polyester, and rayon -> dapat  irritate kulit dan membuat parah jerawat.

Jika memakai masker bedah maupun masker kain , pastikan tidak menggunakannya berulang kali atau seharian penuh.  Ganti maskermu jika dirasa sudah terlalu lembap. -> Untuk petugas kesehatan di garis terdepan -> Berikan waktu untuk bebas dari masker 15 menit setiap pemakaian 4 jam pastinya setelah mencuci tangan baru melepas masker. Jadi, saat kamu sedang beraktivitas di luar rumah, sediakanlah 2–3 masker cadangan agar kamu memiliki cadangan ketika masker yang sedang dipakai sudah perlu diganti. Jangan menggunakan kembali masker yang sudah dipakai, sebelum dicuci.

Karena mencuci masker akan menghilangkan minyak dan sel kulit mati yang menempel di bagian dalam maskermu yang akan memicu maskne Saat mencuci masker ->  ikuti petunjuk pada setiap masker seperti cuci dengan air panas kecuali jika ada instruksi yang menyatakan sebaliknya. Gunakan detergent hipoalergenik dan bebas pewangi.

2. Bersihkan wajah setelah menggunakan masker

Apa Itu Maskne? Masker, Sumber Jerawat???

Setelah seharian beraktivitas di luar rumah mengenakan masker, bersihkan wajah dengan sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulitmu, ya. Disarankan pembersih yang lembut tanpa  sabun (miscellar water).

Kamu juga bisa menggunakan pembersih wajah yang mengandung ceramide untuk mencegah kulit wajah teriritasi dan kering > Hyaluronic acid -> Dimethicone ( dapat meningkatkan skin barrier yang dapat membantu menurunkan iritasi kulit)

3. Gunakan pelembap

Apa Itu Maskne? Masker, Sumber Jerawat???

Pelembap mempunyai 2 fungsi Melembabkan Anti  iritasi  Pilihlah pelembap dengan bahan yang ringan dan tidak mengandung banyak minyak (moisturizer gel)

4. Gunakan tabir surya

Jangan lupa oleskan tabir surya -> 15 menit sebelum kamu keluar rumah, ya. Pakailah tabir surya khusus wajah dengan kadar SPF 30 atau lebih untuk mencegah hiperpigmentasi kulit akibat sinar matahari. Kamu juga bisa memilih tabir surya yang diperkaya dengan zinc dan titanium -> mampu mencegah iritasi kulit wajah akibat penggunaan masker.

5. Hindari penggunaan makeup terlalu tebal

Apa Itu Maskne? Masker, Sumber Jerawat???

Walau pakai masker, kamu tetap bisa mengenakan makeup -> Namun, gunakanlah makeup yang ringan dan tidak terlalu tebal -> cukup yang basic saja seperti : pembersih yang lembut tanpa  sabun ,pelembab bebas pewangi yang lembut. Semakin sedikit ingridientnya semakin bagus Jika kamu memang sedang berjerawat, sebaiknya hindari dulu penggunaan makeup. Pasalnya, makeup dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat atau membuat jerawat semakin parah.

Terapi 

Benzoyl peroxide hanya di tempat yang berjerawat mulai dimulai dari konsentrasi  2.5 or 5 percent Bila kalian menggunakn retinol, maka pemakainnya cukup malam hari saja. Bila belum ada perbaikan pertimbangkan faktor stress dan pola makan (coklat, gula, produk susu).

Point Pentingnya

Jika kamu mengalami maskne -> Jangan sembarang mengobati atau memencet jerawat karena bisa membuatnya semakin parah. Jika maskne sudah parah, sebaiknya konsultasikan ke dokter Spesialis Kulit di kota kalian ya. Dokter akan melakukan pemeriksaan dan memberikan perawatan kulit wajah yang sesuai dengan kondisi kulitmu.

- Terima kasih sudah membaca artikel ini, mari kita bersama melawan covid-19 dengan self distancing, di rumah saja, cuci tangan, dan jaga kesehatan, untuk pembahasan lebih detailnya bisa ditonton Youtube Dokterkulit Firda / Lewat Video Dibawah ini :

 

Image placeholder
Dr. Firda N. Kusdwiharto, Sp. KK, FINSDV

Founder Klinik Spesialis Kulit & Kelamin, Estetika dan Anti Aging