Artikel

Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

08 October 2020

Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

Akhir-akhir ini banyak sekali beredar di dunia maya korban lotion pemutih bermunculan.  Banyak sekali pasien yang datang ke klinik Hafira Skin Care maupun yang DM ke IG @dokterkulitfirda @hafiraskincare @testihafira dalam keadaan kulit yang rusak (seperti muncul stretchmark besar dan merah) di sekujur kaki, lengan, paha akibat pemakaian lotion pemutih yang dibeli secara online atau beli di tempat-tempat perawatan kulit. Korbannya tidak saja orang dewasa, bahkan anak- anak dan remaja. Padahal Beauty People harus tahu kalau kerusakan kulit akibat lotion pemutih tersebut tidak bisa sembuh total, hanya bisa berkurang walaupun dengan perawatan laser.  Tentunya kamu tidak mau kan mengalami hal seperti itu? Untuk itu, kamu wajib tahu bahaya lotion pemutih abal-abal. Bukannya tampil cantik dan putih berseri, justru sebaliknya kulit malah menjadi rusak. Yuk kita simak ulasannya bersama dr. Firda N. Kusdwiharto, Sp.KK, FINSDV.

Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

Korban - korban berjatuhan akibat lotion pemutih yang berbahaya. Timbul Stretchmark dimana-mana.

Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

Pemutih kulit adalah salah satu alternatif yang bisa digunakan untuk membuat kulit tampak lebih cerah dan putih. Tetapi karena tingginya minat untuk dapat memiliki kulit yang cerah dan putih dalam waktu singkat, tidak jarang dijual produk dengan kandungan bahan seperti merkuri, hidrokuinon konsentrasi tinggi, steroid ataupun bahan lain yang bisa menimbulkan sejumlah risiko pada kesehatan.

Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

Korban-korban lotion pemutih yang datang ke klinik Hafira Skin Care

 

Lotion pemutih perlu diwaspadai apalagi yang menawarkan hasil instan justru keamanannya malah diabaikan.

Pastikan produk yang akan  kalian gunakan memang sudah terdaftar pada BPOM..

Pemutih tidak aman

  • Steroid, sering disalahgunakan sebagai agen pemutih.

          Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

  • Merkuri

           Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

  • Hidroquinon dengan konsentrasi tinggi

          Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

Tanda-tanda Pemutih yang berbahaya

1. Setelah digunakan kulit terasa panas atau terbakar. Jika timbul keluhan seperti  ini di kulit, hentikan segera pemakaian dan periksa ke dokter kulit

         Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

2. Menyebabkan kulit iritasi akibat kandungan merkuri. Merkuri merupkan logam berat yang akan mengikis lapisan luar kulit. Jika kulit mengalami iritasi, maka kulit akan rentan terinfeksi oleh bakteri.

         Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

3. Bahan berbahaya pada lotion pemutih bisa membuat kulit menjadi kering. Salah satu efek samping dari bahan berbahaya lotion pemutih adalah berkurangnya kelembapan kulit karena kadungan merkuri bisa menyerap kelembapan dan kadar air yang terdapat pada lapisan terdalam kulit. Oleh karena itu, saat ingin menggunakan lotion sebaiknya pilih formula yang melembabkan dan menutrisi kulit daripada yang menjanjikan kulit putih yang instan.

         Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

4. Menyebabkan lapisan epidermis kulit menipis. Lotion pemutih yang abal-abal biasanya juga mecampurkan steroid yang bermanfaat untuk memutihkan kulit. Sayangnya bahan ini termasuk salah satu obat keras yang seharusnya hanya bisa didapatkan atau ditebus dengan resep dokter. Steroid seharusnya tidak boleh dicampurkan  dalam produk perawatan kulit (Skin Carewajah dan badan, baik untuk krim pemutih wajah atau untuk lotion pemutih badan.

         Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

Efek samping akan muncul dengan waktu yang berbeda-beda antar satu orang dengan orang yang lain.  Ada yang satu bulan sudah muncul, ada yang setelah berbulan-bulan kemudian baru muncul. Efek samping krim steroid yaitu penipisan kulit, muncul gurat-gurat kemerahan serupa stretchmark dan urat-urat pink merah keunguan di kulit yg muncul akibat terjadi pelebaran pembuluh darah kulit.

                      Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal Stretchmark

Menbedakan Stretchmark/striae dan Selulite

Stretchmark, perubahan bentuk tubuh secara signifikan bisa menyebabkan hadirnya garis-garis putih ini di kulit.  Misalnya saat hamil, kenaikan berat badan, bahkan penurunan berat badan secara ekstra

Selulit bukan hanya ada pada tubuh orang gemuk, orang kurus juga bisa memilikinya. Ada faktor-faktor lain yang bisa menyebabkan selulit hadir yakni diet yang buruk, metabolisme tubuh melambat, perubahan hormon, aktivitas fisik yang kurang, dehidrasi, jumlah lemak tubuh, serta ketebalan dan warna kulit.

                      Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal  Selulite

5. Melanin kulit berkurang menyebabkan kulit tidak terlindung dengan baik dari matahari. Melanin adalah pigmen yang secara alami memberi warna pada bola mata, rambut, dan kulit manusia. Melanin sendiri adalah pelindung kulit dari kerusakan akibat sinar matahari

           Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

6. Bisa menyebabkan kanker kulit dalam pemakaian jangka panjang. Kanker kulit diduga kuat disebabkan oleh paparan sinar ultraviolet dari sinar matahari dan paparan bahan kimia yang dapat menyebabkan rusaknya sel pada kulit, hingga menimbulkan kanker kulit. Oleh karena itu, sebelum menggunakan produk lotion pemutih, cari tahu kandungan yang terdapat di dalamnya dan pastikan sudah terdaftar aman di BPOM.

           Awas Bahaya Lotion Pemutih Abal Abal

Jadi jangan sampai kamu terbohongi dan terjebak hingga memakai lotion pemutih badan abal-abal yang tidak memiliki nomor BPOM, ya! Jika memang ingin menggunkana lotion pemutih badan, gunakan yang aman dan sudah punya nomor BPOM

untuk pembahasan lebih detailnya bisa ditonton Youtube Dokterkulit Firda / Lewat Video Dibawah ini :

Jangan lupa subscribe, like, comment dan share ke teman kalian ya..Kalian bisa usul topik yang akan dibahas dengan cara ketik di kolom "comment." Semoga bermanfaat.....

Image placeholder
Dr. Firda N. Kusdwiharto, Sp. KK, FINSDV

Founder Klinik Spesialis Kulit & Kelamin, Estetika dan Anti Aging