Artikel

Inilah Cara Mengatasi Pori - Pori Besar

31 October 2020

Inilah Cara Mengatasi Pori - Pori Besar

Hallo beauty people.. Selamat datang di channel youtube dokterkulit firda Di segmen “know you know” kita akan kupas tuntas tentang “Apa dan bagaimana mengatasi pori-pori wajah yang besar ?? "

Bagi kaum hawa, bercermin memandang pori-pori wajah besar yang tampak jelas seringkali membuat perasaan terganggu. Pasalnya, selain mengganggu penampilan, pori-pori yang membesar tersebut juga menyebabkan aplikasi riasan wajah menjadi tidak sempurna Jadi jangan heran kalau banyak beauty people yang sering keluhkan -> pori-pori besar di wajah. Semakin menambah rasa Tidak percaya diri.

Pori-pori adalah rongga berukuran sangat kecil yang ada pada permukaan luar dari kulit. Pori-pori kulit kita ukurannya sekitar diameter 20 nm (nanometer).  Pori-pori pada kulit ini sendiri disebutkan sebagai tempat keluarnya keringat dan minyak dari dalam tubuh makhluk hidup.  Ketika tersumbat oleh minyak dan kotoran folikel ini akan tampak lebih besar.

Jadi sebenarnya "Pori-pori besar memang tidak bisa sepenuhnya bisa ditutup atau dihilangkan, namun bisa diperkecil. Dan tidak bisa ditutup atau dikecilkan ukuran pori-pori secara permanen.  Sehingga, yang bisa kita lakukan adalah membuatnya tampak lebih kecil.

Penyebab Pori - Pori Besar

Inilah Cara Mengatasi Pori - Pori Besar

produksi sebum/kelenjar minyak yang berlebihan -> akan membuat pori wajah melebar untuk mengeluarkan kelebihan sebum tersebut.  Lubang yang besar pada pori tersebut kemudian bisa tersumbat oleh kotoran (debu,polusi yg menempel di kulit) serta sel kulit mati hingga pori2x yang terbuka akan tampak semakin jelas terlihat

Faktor yang berperanan timbulnya pori-pori besar

- Genetik

Inilah Cara Mengatasi Pori - Pori Besar

Orang-orang yang memiliki jenis kulit berminyak cenderung memiliki pori-pori yang lebih besar. Hal itu karena kelenjar sebum mereka lebih aktif memproduksi minyak, sehingga pori-pori pun membesar untuk mengeluarkan produksi minyaknya.

Mereka yang memiliki lapisan kulit tebal juga biasanya memiliki pori-pori dengan ukuran lebih besar. Jenis kulit berminyak atau kulit tebal ini merupakan kondisi yang diturunkan. Ini berarti, jika orangtua dan saudara kandung Anda memiliki kulit berminyak dan pori-pori besar, Anda juga cenderung akan memilikinya.

Fluktuasi hormon

Contoh: Dalam siklus bulanan wanita, meningkatnya kadar hormon menjelang ovulasi juga berpengaruh terhadap kulit. Peningkatan hormon dapat memperbesar ukuran pori-pori. Sebaliknya saat masa ovulasi lewat, kadar hormon akan turun dan pori-pori kembali mengecil.

Contoh yang sering jelas terlihat adalah ibu hamil.Pada beberapa calon ibu, kulit wajahnya terlihat makin halus dan berseri selama kehamilan. Sementara pada sebagian ibu hamil lainnya, perubahan hormon justru membuat kulit wajah berminyak, kusam, dan pelebaran pori-pori.  

- Paparan sinar matahari

Inilah Cara Mengatasi Pori - Pori Besar

Kulit yang sering terkena sinar matahari langsung lama-kelamaan akan mengalami penebalan, yang menjadi penyebab pori-pori besar.  Selain kulit menebal, sinar ultraviolet (UV) juga mampu melemahkan kolagen. Kolagen berfungsi menjaga kekencangan kulit dan pori-pori lebih rapat. Kerusakan kolagen akan berakibat pada berkurangnya elastisitas kulit dan melebarnya lubang pori-pori

- Pertambahan usia

Inilah Cara Mengatasi Pori - Pori Besar

Penyebab pori-pori besar yang satu ini memang tak bisa dihindari ->  faktor U Semakin tua usia seseorang maka semakin menurun kemampuan tubuh memproduksi elastin dan kolagen, sehingga kulit jadi terlihat kendur, mulai keriput dan pori-pori lebih besar.  Pola aktivitas dan paparan sinar matahari yang diterima selama masa muda juga memengaruhi kondisi kulit di masa tua.

- Terlalu sering membersihkan wajah

Inilah Cara Mengatasi Pori - Pori Besar

Meski kotoran dan sel kulit mati dapat menyumbat pori-pori, membersihkan wajah terlalu sering justru dapat menjadi penyebab pori-pori besar.  Penggunaan sabun atau produk pembersih wajah yang terlalu sering berpotensi mengiritasi kulit. Kulit yang kering akan menebal dan mengakibatkan pori-pori membesar.

- Jenis kelamin

Inilah Cara Mengatasi Pori - Pori Besar

Secara alami, pori-pori  kulit laki-laki memang lebih besar daripada pori-pori  kulit wajah perempuan.  Hal itu dikarenakan perbedaan hormon pada laki-laki dan wanita.

- Merokok

Inilah Cara Mengatasi Pori - Pori Besar

Kebiasaan merokok tidak sehat untuk kulit. Pasalnya, racun-racun yang dihasilkan oleh asap rokok akan merusak elastisitas kulit dan menyebabkan penuaan dini. Merokok dapat menyebabkan kulit mengeluarkan sebum lebih banyak, sehingga pori-pori akan membesar.

Cara menghilangkan dan mengatasi pori-pori besar

Dikutip dari American Academy of Dermatology Association Gunakan skin care dan makeup yang non-comedogenic, oil free atau tidak menutup pori2x Rajin membersihkan wajah, Cuci muka dua kali sehari Aplikasikan sunscreen setiap keluar rumah min 30 menit sebelum keluar rumah, dg SPF min 30 Lakukan eksfoliasi rutin dengan bahan yang lembut seperti AHA, BHA atau PHA.

Jika memiliki kulit berminyak dan berjerawat, gunakan produk dengan kandungan seperti salicylic acid dan mengandung retinol atau asam retinoat untuk rangkaian skin care malam hari. Namun jika dalam kondisi hamil atau menyusui sebaiknya tidak menggunakan produk ini. Hal yang dapat dilakukan lainnya adalah -> memperbaiki pola makan. Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung minyak serta lemak, karena makanan tersebut akan menyebabkan pori-pori tersumbat.

Bersihkan make up sebelum tidur Karena terlalu lelah beraktivitas, terkadang lupa membersihkan make up saat tidur, hal ini sebaiknya dihindari karena make up yang dibiarkan hingga pagi akan menyumbat pori-pori wajah.

Point pentingnya :

  • Satu kekhawatiran sudah terjawab
  • Jadi untuk memiliki kulit yang halus dan sehat itu membutuhkan komitmen bukan miracle

- Terima kasih sudah membaca artikel ini, mari kita bersama melawan covid-19 dengan self distancing, di rumah saja, cuci tangan, dan jaga kesehatan, untuk pembahasan lebih detailnya bisa ditonton Youtube Dokterkulit Firda / Lewat Video Dibawah ini :

 

Image placeholder
Dr. Firda N. Kusdwiharto, Sp. KK, FINSDV

Founder Klinik Spesialis Kulit & Kelamin, Estetika dan Anti Aging