Artikel

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

28 Januari 2021

Hallo beauty people.. Selamat datang di channel youtube  Dokterkulit Firda. Di segmen “know you know” kita akan kupas tuntas tentang “apa sih perbedaan kulit kering dan kulit dehidrasi"

KULIT KERING X DEHIDRASI

Tidak sedikit orang yang belum mengetahui perbedaan kulit kering dan dehidrasi, bahkan menganggap keduanya sebagai hal yang sama.  Padahal, kedua kondisi kulit ini berbeda dan memiliki penanganan yang berbeda pula. Kulit dehidrasi bukanlah salah satu jenis kulit, melainkan kondisi kulit yang terjadi ketika tubuh kekurangan asupan cairan, sehingga kulit terlihat kering. Disisi lain, kulit kering tidak selalu disebabkan oleh dehidrasi. Tidak menutup kemungkinan kulit kering dan dehidrasi terjadi pada saat yang sama.

KONDISI KULIT BERDASARKAN USIA

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

Bila kulit dirawat sedini mungkin secara teratur, maka proses ini dapat diperlambat

Kulit Kering

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

Kulit Dehidrasi

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

Penyebab Kulit Kering

Agar perawatan kulit menjadi lebih efektif, berikut perbedaan antara kulit kering dan kulit dehidrasi yang perlu Anda ketahui: Kulit Kering timbul karena berkurangnya produksi minyak sehingga kelembapan pada kulit mudah menghilang.  Kondisi ini bersifat genetik, tapi orang berusia 40 tahun ke atas juga bisa mengalaminya karena produksi minyak akan menurun seiring bertambahnya usia.

Kulit Kering

Terasa Kering & Kasar                                                       Terasa Bersisik & Kusam

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

 

Penyebab dehidrasi

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

Kulit dehidrasi disebabkan oleh beragam faktor

--> Penyebab yang paling umum adalah kurang minum air Air. Air penting untuk memetabolisme makanan menjadi energi, dan membantu mengoptimalkan fungsi di dalam tubuh. Menurut National Health Service, kebutuhan air minum setiap orang memang berbeda-beda. Semakin banyak aktivitas fisik yang dilakukan, semakin panas cuacanya dan makin banyak cairan yang dibutuhkan (rata-rata orang dewasa membutuhkan 6-8 gelas setiap harI  setara 2L.)

-->Suhu panas atau dingin (Pemanas ruangan, mandi air hangat,AC).

-->Kurang tidur.

-->Kurangnya kelembapan udara.

-->Paparan sinar matahari

-->Sabun antiseptik

-->Menstruasi , hal ini karena fluktuasi hormon estrogen dan progesteron yang mempengaruhi tingkat hidrasi tubuh. “Terlebih lagi, beberapa wanita mengalami menstruasi yang berlebihan. Jumlah darah yang hilang dapat menguras kadar cairan di dalam tubuh, sehingga harus perbanyak minum air.

Dehidrasi Kulit adalah kondisi kulit yang kandungan kadar airnya kurang optimal

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

Tekstur kulit berubah

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

Gejala

1. Kulit kering

-> cenderung kisut, agak keriput, terasa gatal, kemerahan, dan terdapat lapisan kulit mati berwarna putih seperti yang bisa Anda lihat pada siku.

-> rasa tidak nyaman pada wajah dan tubuh, terutama setelah berendam atau mandi dengan shower ditandai rasa kaku atau tertarik pada kulit,dan kulit  bersisik  2 menit setelah mandi.  Cara mengatasinya dengan menggunakan pelembap yang mengandung hyaluronic acid untuk menjaga kulit terasa lebih lembap dan halus.

2. Kulit dehidrasi terasa lebih kencang/ketat, tidak kenyal,terlihat pori-pori kulit/pori kulit lebih kecil dengan jelas disertai tekstur yang kering, kasar, bersisik, elastistas turun.

Dampak pada Kulit

- Kulit Kering

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

  • Kulit terasa kasar
  • Bersisik
  • Kusam

Kulit Dehidrasi

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

  • Kulit terasa kasar
  • Bersisik
  • Kusam
  • Elastisitas kulit menurun
  • Keriput
  • Terlihat garis-garis halus

Apakah kulit Anda mengalami dehidrasi?

Cara paling mudah untuk mengenali perbedaan antara kulit kering dengan kulit yang dehidrasi adalah dengan Tes Turgor Kulit . Turgor kulit adalah tingkat kelenturan kulit. Tes ini mungkin tidak memberikan hasil yang mutlak, tapi cukup berguna untuk menunjukkan tanda-tanda umumnya. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: Cubit sedikit bagian dari perut atau punggung tangan. Tahan selama beberapa detik, kemudian lepaskan. Jika kulit kembali ke bentuk awalnya dengan cepat, berarti kulit Anda tidak mengalami dehidrasi. Jika bentuk kulit baru kembali setelah beberapa detik, berarti kulit Anda mengalami dehidrasi.

Tes Turgor kulit

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

Cara Pencegahan

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

Terapi

Hydration” dan “moisture”

Saat memilih produk perawatan kulit terutama pelembap, tak jarang Anda mendengar istilah “hydration” atau “hydrating” dan “moisture” atau “moisturizing.      

Dua istilah yang berbeda terkait fungsinya dalam perawatan kulit. Produk hydrating /hidrasi berarti produk yang akan menarik lebih banyak air atau kelembapan ke dalam kulit Anda dengan memanfaatkan agen humektan atau pengikat air.

Produk moisturizing berfungsi mengunci kelembapan yang sudah ada di kulit dan Inilah pelembap yang lebih banyak berada di pasaran , ditandai dengan lapisan tebal dan terasa berminyak saat diaplikasikan ke kulit. Hal ini karena produk tersebut mengandung minyak untuk mencegah penguapan kulit.

Kulit dehidrasi

Sebaiknya lapisan pertahanan kulitnya diperbaiki terlebih dahulu dengan menggunakan produk yang bersifat hydrating  agar kelembapannya terjaga. Beberapa agen humektan yang bisa digunakan seperti madu, aloe vera, gliserin, AHA, dan asam hyaluronat. Proses ini kemudian dapat Anda lanjutkan dengan menggunakan produk moisturizing untuk mengunci kelembapan. Penggunaan moisturizer saja pada kulit yang dehidrasi tidak akan memperbaiki kondisi kulit, hanya akan membuat kulit terasa tebal dan berminyak, namun tetap terasa kencang. Secara penampilan, kulit akan terlihat kusam serta kasar.

Hidrasi = Melembabkan??

PERBEDAAN KULIT KERING DAN DEHIDRASI

SOLUSI

Kulit kering cenderung lebih sensitif dan memerlukan perawatan yang teratur. Pelembap kulit seperti Hyaluronic acid dan ceramide, aloe vera, cream Alpha Hydroxy Acid, Gliserin bersifat hydrating yang berfungsi untuk menarik lebih banyak air dan dapat mengunci kelembapan pada kulit, sehingga  dapat digunakan untuk mengatasi kulit kering maupun dehidrasi.  Kulit kering dapat juga menggunakan bahan-bahan yang berasal dari minyak biji atau kacang-kacangan (kelapa, almond, rami), minyak tumbuhan (jojoba, mawar), lanolin, dan shea butter.

Kulit dehidrasi seharusnya banyak mengkonsumsi air, tidur yang cukup, kurangi konsumsi junk food maupun minuman manis, perbanyak konsumsi buah dan sayur

 

Yukk bersama kita mengedukasi masyarakat..

Jangan lupa subscribe, like, comment dan share ke teman-teman kalian ya..

#kulitkering #kulitdehidrasi #bedakulitkeringdankulitdehidrasi #youtubedokterkulitfirda #dokterkulitfirda #dokterfirdaspkk #dokterjerawat #dokterflek #dokterhits #dokterkulithits #dokterkulitsurabaya #dokterkulitbangil #dokterkulitpasuruan #dokterkulitpandaan #dokterkulitwanita #dokterkulitbagus #hafiraskincare

 

 

 

 

Image placeholder
Dr. Firda N. Kusdwiharto, Sp. KK, FINSDV

Founder Klinik Spesialis Kulit & Kelamin, Estetika dan Anti Aging